[Coretan] Sore

Waktu sore menjadi masa dimana banyak tanya muncul. Sore menjadi fase kritis dimana kegundahan manusia seolah merajai hati dan pikiran. Sering terdengar secara disengaja atau tidak frase-frase seperti, “sudah sore, sebentar lagi gelap ; kalau sore agak sulit, macet ; awas, nanti ke-sore-an, kalau main jangan pulang terlalu sore ; maaf, sore ini tidak bisa ; enaknya sih sore ini ; kopi sore, yuk” dan penggalan lainnya. Lalu sore menjemput, mengantar terang menuju kegelapan. Membuat manusia didera pada dua pilihan, selesaikan segera atau tunda dulu sejenak.

Menikmati waktu sore bertemankan secangkir kopi, camilan, dan obrolan santai adalah pilihan bagi mereka yang tua. Mereka yang sibuk dengan pencapaian prestasi akan mengebut segala sesuatunya, sekalipun sore telah menyapa. Hingga gelap datang, sore tidak mengutarakan kecewa pada mereka. Ia berlalu, tanpa pamit.

Adakah yang memperhatikan sore? Bijak berkata, bahwa ketika berjalan pelan, kita akan dapat melihat ‘se-isi’ dunia. Dan sore adalah bagian darinya. Bermenung di tepian pantai, menanti tutup usia matahari untuk sementara waktu di ufuk timur. Sekali lagi muncul tanya, apa yang bisa diceritakan tentang sore? Sore tidak pernah bertanya, ia menyapa lalu berlalu.

Siluet hasil terpaan redup lambaian sore menjadi peringatan. Adakah kita sadar? Bayang hilang lalu terbuang. Bukankah bayang-bayang selalu hadir selama cahya menderma? Waktu sore menjadi berarti bagi mereka yang mengingati mati. Menyadari apa yang telah diperbuat dan apa yang masih dapat diperbuat. Adakah sore berkata? Tidak! Sore hanya menyapa, kemudian berlalu. Cukupkah kita memaknai waktu, dalam hati sore berkata. Tidak pernah ia berucap, tapi suara hatinya menyapa.

Kota Kembang, 25 Januari 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s