[Cerita] Seremoni – Introspeksi

Ilmu Logika,

“sebuah catatan di hari kalian dilantik – SIPIL 2011″…

“Saya di sini karena pilihan,

saya putuskan karena ini adalah amanah,

saya tentukan karena ini adalah tanggung jawab moral…”

Bandung, 4 November 2012.

Hari – H pelantikan Sipil ITB 2011 menjadi bagian dari keluarga HMS – ITB,

Sebuah “doktrin” disampaikan dipenghujung seremonial,

Beberapa untai kata yang mengandung makna – rasa dan logika.

Tidak mudah untuk menjadi orang yang akan menyampaikan hal – hal yang menurut kita benar atau pun baik.

Saya adalah orang yang berkeyakinan bahwa hanya ada dua warna dalam hidup ini : hitam dan putih

Seperti Benar dan Salah ; lalu Baik dan Buruk.

Warna hanyalah bias,

yang terlahir atas kemampuan untuk bertoleran terhadap cahaya.

Lalu, saya coba maknai kata – kata ini :

“ILMU LOGIKA :

…JIKA DAN HANYA JIKA, AKU ANGGOTA HMS, MAKA KETUA HIMPUNAN ADALAH PEMIMPINKU,

…JIKA DAN HANYA JIKA, AKU ANGGOTA HMS, MAKA SEMUA ANGGOTA HMS ADALAH KELUARGAKU…”

Berat rasanya ketika hendak menyampaikan hal tersebut kepada adik – adik yang akan menjadi bagian dari HMS ITB ini.

Logika ekivalensi tersebut membutuhkan pemahaman dan implementasi nyata dalam kehidupan.

Ini bukan lah tentang logika konjungsi yang menuntut adanya dua preposisi bernilai benar ; atau pun logika disjungsi yang memberikan toleransi untuk satu preposisi bernilai benar…”

Ini logika lain,

tentang bagaimana pikiran dapat mencegah distorsi yang mengaburkan batas logika benar – salah ; norma baik – buruk.

Dipenghujung batas, saya memilih, saya memutuskan.

Bahwa hal ini perlu untuk disampaikan.

Pada mereka yang akan menjadi penerus, menjadi pemuda/i di zamannya.

Menjadi manusia yang akan menorehkan sejarahnya masing – masing.

Mereka yang harus banyak belajar, berpikir dan bertindak – bukan sekedar menerima.

Saya sampaikan amanah ini kepada diri pribadi dan kalian semua.

Selamat bergabung, selamat berjuang SIPIL 2011.

Selamat menjadi bagian dari keluarga besar HMS – ITB,

dimana kaderisasi adalah proses saling berbagi yang tidak akan pernah mati.

hari triwibowo (2012)

Leave a Reply

