Indonesia, hari ini.

Aku putuskan untuk membuat kembali sebuah blog di wordpress. Entah untuk apa, mungkin saja berguna. Hari ini adalah  hari pertama di tahun 2011. Tidak ada koran yang bisa kubaca hari ini. Aku pun beralih ke dunia maya untuk mencari beberapa informasi hari ini.

masih terkait permasalahan keistimewaan Yogyakarta, “Paguyuban Kawulo Alit Yogyakarta mendaftarkan gugatan terhadap Presiden RI ke PTUN Jakarta.Gugatan berkait dengan pelanggaran hukum yang dilakukan terkait penyusunan RUU Keistimewaan DIY.” (kompas.com/311210). Intinya, masyarakat menyesalkan sikap presiden yang secara sepihak tidak melakukan sosialisasi lebih dahulu, perihal RUU keistimewaan Yogyakarta. Masyarakat menuntut presiden minta maaf.

dalam euforia Sepakbola Indonesia: “Ketua Panitia Lokal atau LOC, Joko Driyono, mengungkapkan, keuntungan yang diperoleh dari pelaksanaan Piala AFF 2010 sekitar Rp 20 miliar. Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengatakan, pendapatan dari penjualan tiket tersebut akan dialokasikan untuk biaya pembinaan.”(kompas.com/311210).Terlalu banyak carut marut di dunia persepakbolaan Indonesia. Banyak pihak yang menyeselkan bahwa pembinaan atlet sepakbola Indonesia masih kurang baik. Hal ini berdampak tidak hanya pada kinerja pemain, tapi juga kinerja pengurus. Tidak heran ketika final leg kedua piala AFF (291210), ribuan suporter Indonesia justru menuntut Ketua umum PSSI untuk mundur dari jabatannya.

kabar dari Ibukota: “Hari pertama di tahun 2011, belum banyak kegiatan yang dilakukan warga Ibu Kota. Dari enam kegiatan warga yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya, empat di antaranya zikir akbar.”(kompas.com/010111).Ada baiknya memang, awal tahun selalu diawali dengan refleksi atas apa yang terjadi di waktu yang lalu dan menciptakan motivasi untuk selalu lebih baik ke depannya. Tidak harus identik dengan pesta dan kembang api, cukuplah itu semua menjadi selebrasi yang pada hakikatnya merupakan manifestasi terhadap rasa kebersamaan.

Indonesia, hari ini. Begitulah aku menulis judul untuk tulisan pertamaku di tahun ini. Belum terlalu banyak memang, hal “besar” yang terjadi hari ini. Tapi, “besar” atau “kecil” nya sesuatu hal, tidak dilihat dari apa yang terjadi. Akan lebih bijak jika kita mampu melihatnya dari sudut pandang apa yang bisa sesuatu itu “berikan” dan bagaimana sesuatu itu “disikapi”.

Selamat tahun baru 2011.

salam hormat,

Hari Triwibowo, Institut Teknologi Bandung


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s